Pages

Welcome to Basketball Spirit

Get all the exciting news about basketball here

Minggu, 21 Agustus 2011

keuntungan dan kerugian memakai ankle saat bermain bola basket

Ankle atau pergelangan kaki merupakan bagian yang paling rentan cedera saat olahraga, terutama bola basket. Pemakaian pelindung pergelangan kaki efektif mencegah cedera ankle, namun dikhawatirkan justru meningkatkan risiko cedera lutut.

Pelindung pergelangan kaki atau ankle brace merupakan aksesori penunjang yang banyak dibakai para olahragawan. Aksesori yang bentuknya mirip kaus kaki namun tidak menutupi hingga ujung kaki ini cukup ketat, sehingga bisa menjaga sendi agar tidak bergeser.

Atlet basket termasuk pengguna ankle brace terbanyak karena cabang olahraga ini banyak melibatkan gerakan kaki yang mendadak dan dengan kekuatan penuh. Risiko cedera ankle pada olahraga ini relatif lebih tinggi dibandingkan pada olahraga lainnya.



Meski efektif mencegah terkilir di pergelangan kaki, namun ada juga kekhawatiran bahwa penggunaan ankle brace atau sering disebut juga ankle guard justru memicu cedera lutut. Ankle brace dianggap membatasi pergerakan pergelangan kaki, sehingga tidak bisa mengimbangi gerakan lutut.

Bagian lutut yang dikhawatirkan rentan cedera saat memakai ankle brace adalah Anterior Cruciate Ligament (ACL). Bagian yang menghubungkan paha dengan tulang kering ini rentan sobek jika lutut bergerak namun pergelangan kaki tidak mampu mengimbanginya.

Kekhawatiran itu kini terbantahkan oleh hasil penelitian Timothy A McGuine, ahli kesehatan olahraga dari University of Wisconsin. Penelitian yang dimuat di American Journal of Sport Medicine tersebut melibatkan sekitar 1.500 atlet basket usia SMA.

Di antara 750 atlet yang memakai ankle brace, dalam semusim hanya 27 yang pergelangan kakinya terkilir. Hal ini menunjukkan bahwa aksesori ini efektif mencegah cedera pergelangan kaki, karena di kelompok yang tidak memakai ankle brace ada 78 yang terkilir.

Risiko cedera lutut juga tidak mengalami peningkatan yang berarti akibat pemakaian ankle brace. Pada kelompok yang memakainya, cedera lutut dialami oleh 15 atlet sementara pada kelompok yang tidak memakai cedera tersebut dialami oleh 13 atlet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Resistance Bands by Free Blogger Template