Pages

Welcome to Basketball Spirit

Get all the exciting news about basketball here

Minggu, 17 Oktober 2010

Holcombe Rucker Playground, Pusat Streetball Dunia


Jikalau kalian banyak duit atau beruntung bisa ke New York dan senang main basket, kandang New York Knicks , Madison Square Garden, bukanlah satu-satunya tempat menarik untuk dikunjungi. Ada satu tempat keren lain yang sangat-sangat patut dipelesiri. Holcombe Rucker Park.

Holcombe Rucker Playground adalah sebuah lapangan basket luar ruang di New York yang terletak di sebelah utara 55th Street dan berseberangan dengan Frederick Douglass Boulevard dan Harlem River Drive di Harlem. Kalau naik kereta, kita bisa ke sana naik kereta jurusan B atau D, turun di lokasi bekas Polo Ground. Masih bingung? Bertanyalah!

Masih nggak akrab dengan Holcombe Rucker Park? Mungkin kalian lebih tahu dengan nama Rucker Park atau The Rucker. Rucker Park selama lebih dari empat dekade menjadi tempat bertemunya para pemain profesional NBA dan para pemain basket jalanan. Baik untuk main-main basket biasa hingga kompetisi yang sangat ketat.

Siapa saja pemain top NBA yang pernah bertualang di The Rucker? Legenda-legenda seperti Wilt Chamberlain, Kareem Abdul-Jabbar, Nate Archibald, hingga Stephon Marbury dan Kobe Bryant. Rucker Park juga menjadi tempat di mana beberapa pemain yang diakui sangat jago namun menolak untuk bermain di liga profesional. Mereka menjadi legenda streetball. Misalnya Richard “Pee Wee” Kirkland, dan Joe “The Destroyer” Hammond.

Satu hal yang lebih menarik bagi saya tentang Rucker Park adalah penamaannya yang diambil dari nama seseorang yang bernama sama, Holcombe Rucker. Ia adalah seorang pecinta basket jalanan sejati. Pada tahun 1947 ia memulai sebuah turnamen basket di Harlem dengan nama Rucker League. Moto dari turnamen ini adalah “Each One, Teach One”. Moto ini menekankan penggabungan antara olahraga, kesenangan, dan pendidikan. Para peserta ditekankan untuk menjadi seseorang yang rajin membaca buku, menyelesaikan PR dari sekolah, dan meningkatkan prestasi pendidikan sekolah mereka. Selama beberapa kali penyelenggaraan Rucker League, Holcombe Rucker membantu setidaknya 700 orang anak mendapatkan beasiswa pendidikan.

Atas jasa dan dedikasinya, pada tahun 1974, walikota New York mengganti nama lapangan yang sebelumnya bernama P.S. 156 Playground menjadi Holcombe Rucker Playground. Bagi para streetballers, lapangan ini adalah pusatnya streetball di dunia.

Holcombe Rucker Playground a.k.a. Rucker Park kelak akan kembali menjadi tujuan saya saat ke kota Big Apple itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Resistance Bands by Free Blogger Template